Dari tahun ke tahun jumlah kecelakaan di jalan raya semasa arus mudik dan balik Lebaran tidak pernah kecil. Banyak hal yang menjadi penyebab kecelakaan seperti kelelahan, mengantuk, buyarnya konsentrasi.

Berikut ini beberapa kiat atau tips dari Garda Oto yang bisa dipakai untuk para pemudik atau mereka yang sering bepergian jauh:

- Tidur cukup dan berkualitas. Sebelum mudik, seorang pengemudi setidaknya butuh tujuh jam tidur. Kantuk membuat konsentrasi hilang dalam sekejap.
- Jangan menyetir lebih dari dua jam. Berkonsentrasi terlalu lama pada kondisi monoton membuat syaraf lelah. Sebaiknya berhenti dan beristirahatlah di tempat aman setiap dua atau tiga jam sekali.
- Kurangi karbohidrat. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat menyebabkan rasa kantuk. Gantilah dengan buah-buahan, misalnya, karena vitamin yang terkandung di dalamnya bisa menyegarkan badan.
- Minum kopi dan tidur. Menurut sebuah penelitian di Inggris, kombinasi dari meminum kopi kemudian tidur selama 15 menit dapat memperbaiki kemampuan dan kewaspadaan, serta mengurangi kantuk. Metode ini dipercaya ampuh karena tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine. Sementara itu, kafein membutuhkan sekitar 20 menit untuk bisa mempengaruhi secara psikologis. Dampaknya seperti sebuah tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.
- Olahraga ringan. Bila dalam perjalanan sudah mulai merasakan kelelahan dan kantuk, berhentilah di tempat aman dan lakukan sedikit peregangan tubuh. Hal ini berfungsi melancarkan peredaran darah setelah berjam-jam duduk di dalam mobil.
- Menyetir bergantian. Bila memungkinkan, bergantianlah mengemudi dengan orang lain setiap 2 atau 3 jam sekali.

Comments


Leave a comment