Mitsubishi All-New Strada Triton/ Triton terbaru resmi meluncur di Tangerang Selatan, Senin (10/8/2015). Distributor resmi Mitsubishi, Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), berharap desain baru model yang dirancang tangguh di segmen pertambangan dan perkebunan ini tetap menjadi model terlaris di kelas pikap 4X4.

All-New Strada Triton punya tiga tipe, yakni HDX, GLS, dan Exceed. HDX punya dua jenis bodi, yaitu kabin tunggal sebagai varian terbawah dan kabin ganda. Semua tipe HDX dilengkapi limited slip differential mekanis dan transmisi manual.

Varian GLS hanya ada satu dengan bodi kabin ganda, hanya dilengkapi dengan transmisi manual dengan desain lebih elegan dibanding HDX. Varian Exceed menjadi yang terlengkap dan cuma tersedia dalam bodi kabin ganda. Memiliki pilihan transmisi otomatis dan manual. Total ada lima varian All-New Strada Triton, semuanya punya kemampuan 4X4.

 

Konsep
All-New Strada Triton dikembangkan dengan empat konsep utama, modern, fungsional, andal, dan nyaman. Dibanding model lama, rasa modern mencuat dari elemen desain eksterior yang baru seperti pada lampu depan, lampu kabut, gril, pelek, dan lampu belakang.

Seluruh bodi dirancang menggunakan “J-Line Design”, keuntungannya kemampuan manuver jadi lebih baik karena radius putar semakin kecil tapi kabin tetap luas dan nyaman sampai ke penumpang belakang.

Konsep fungsional datang dari pengembangan ruang kargo. Bak memanjang dari model sebelumnya, pada kabin tunggal lebih panjang 45 mm (kini 2.265mm) dan kabin ganda 195 mm (kini (1.520mm). Selain itu daya angkut maksimal sebab bak ditinggikan 70 mm dari sebelumnya.

All-New Strada Triton tetap menggunakan mesin diesel 4D56 2.5 DI-D Commonrail turbocharger dengan pembagian spesifikasi tenaga dan torsi untuk berbagai varian. HDX memiliki kombinasi tenaga 110 PS dan torsi 20.4 kg.m, GLS 136 PS dan torsi 33.1 kg.m, sedangkan Exceed 178 PS dan torsi 40.8 kg.m.

Kenyamanan ditunjang dari desain interior, ruang kaki diklaim terpanjang di kelasnya. All-New Strada Triton dibuat nyaman buat pengemudi ataupun penumpang. Memiliki radius putar sejauh 5,9 m yang dikatakan terkecil di kelasnya, kemudi kini bisa diatur naik-turun dan putaran kemudi ke arah kiri dan kanan dikurangi menjadi 3,8 putaran dari sebelumnya 4,3 putaran.

Khusus buat penumpang belakang, jok telah dirancang menggunakan tipe bucket. Pengatur iklim udara dibuat bisa bekerja lebih cepat mendinginkan kabin.

 

Desain baru dan banyak tambahan fitur Strada Triton dikemas buat menggoda pembeli borongan (fleet). Selain itu Strada Triton juga menyasar ke sektor semi-private sebagai gaya hidup dan pehobi off-road dan aktivitas luar ruang lainnya.

“Kami meluncurkan All-New Strada Triton untuk memperkuat posisi pasar di Indonesia. Kami ingin mempertahankan target 7.000 unit hingga Desember 2015,” ujar Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB saat peluncuran.

Populasi Triton di Indonesia telah mencapai 50.000 unit sejak pertama kali diluncurkan pada 2002 dengan nama L200 Strada. Nama “Strada Trion” baru melekat pada 2007 dan bertahan hingga saat ini.

 

Comments


Leave a comment